Sunday, November 18, 2012

Cara Untuk Mebuat Kentang Goreng yang Renyah

Kentang Goreng
Saya suka sekali makan kentang goreng, saking sukanya dulu saya pernah mencoba memasak sendiri kentang goreng yang saya beli di pasar dengan bekal pengetahuan yang seadanya saya goreng kentangnya dan hasilnya lembek, tidak garing, berminyak dan tidak bisa kering  :( . Setelah melakukan berbagai penelitian dan percobaan yang saya baca dari teman-teman di google dan saya coba sendiri maka pada kesempatan kali ini saya mau berbagi resep cara membuat kentang goreng yang benar agar hasil gorengan renyah di luar dan ringan dan lembut didalamnya  :D .

Bahan-bahan: 
  • 1 Kg kentang, kupas, cuci, potong memanjang
  • 2 Bungkus penyedap rasa serbaguna (disini saya menggunakan royco rasa ayam)
  • Air mentah / air matang (sesuai selera)
  • Minyak goreng
Cara memasak:
  • Kupas kentang, lalu potong memanjang, kemudian dicuci hingga 4 kali untung menghilangkan getah kentang (karena getah kentang dapat membuat kentang lembek setelah digoreng).
  • Rebus kentang yang telah dicuci dan masukan 1 bungkus penyedap rasa serbaguna tunggu hingga air mendidih lalu tiriskan.
  • Rendam kentang tersebut dalam air lalu tambahkan 1 bungkus penyedap rasa serbaguna taruh di dalam kulkas selama 2 jam atau lebih sampai akan digoreng.
  • Panaskan wajan, masukan minyak goreng.
  • Goreng kentang dalam minyak panas hingga hampir matang (jangan sampai kecoklatan), kemudian tiriskan (oia, jangan lupa seluruh kentang harus terendam dalam minyak).
  • Kentang yang telah digoreng tersebut didiamkan hingga menjadi dingin kurang lebih selama 1 jam.
  • Lalu goreng kembali kentang tersebut sampai matang hingga berwana kuning kecoklatan.
  • Angkat lalu tiriskan (untuk menghilangkan minyak yang terdapat di dalam kentang kita dapat menggunakan tissue bersih yang ditempatkan di dasar mangkuk/piring agar minyaknya cepat diserap).
 Selamat mencoba, semoga tips dan trik ini dapat berguna untuk teman-teman  :D .

4 komentar

March 26, 2013 at 11:16 AM Balas

makasih resep pembuatan kentang gorengnya.....

April 3, 2013 at 1:06 PM Balas

matab nih klo saya coba bikin di rumah.......

April 26, 2013 at 8:45 AM Balas

sama-sama...
semoga berguna ya...
:^D^:

April 26, 2013 at 8:46 AM Balas

ia pastinya...
:^D^:
saya aja bisa abis 1,5 Kg sendiri-an...
^q^

Post a Comment