Tuesday, October 30, 2012

Manfaat Teh Untuk Kecantikan dan Kesehatan


Minuman satu ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita, Yups, teh merupakan salah satu minuman yang sering  diminum oleh kita orang Indonesia, minuman berwarna coklat kemerah-merahan ini biasanya menjadi minuman penjamu tamu, tetapi saya biasanya minum ini ketika sedang di warteg :) .

Ternyata teh bukan hanya enak diseduh dan memiliki aroma yang harum loh, tetapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan juga. Wah kira-kira apa ya? Jadi pengen tahu juga nihhh…

Yuk cek di bawah ini :

  1. Teh mengandung antioksidan. Antioksidan dapat membantu memperlambat proses penuaan (wah info yang bagus bagi yang mau awet muda :D ), dan membantu beregenerasi dan memperbaiki sel. Banyak penelitian menunjukkan antioksidan juga membantu tubuh kita dalam mencegah kanker.
  2. Teh dapat menurunkan kadar hormon stres. Teh hitam dapat mengurangi efek dari peristiwa stres dengan menurunkan jumlah hormon stres kortisol dalam tubuh. (bagus buat yang suka stress kaya saya :p )
  3. Teh melawan dan mengurangi plak pada rongga mulut. Senyawa dalam teh mampu membunuh atau menekan pertumbuhan dan produksi asam bakteri yang menyebabkan bau pada mulut kita. 
  4. Teh membuat kita tetap terhidrasi. Setiap secangkir teh yang kita minum, terutama rendah atau tidak ada kafein, dianggap sebagai secangkir air dengan bonus tambahan menyediakan antioksidan juga. 
  5. Teh dapat mengurangi risiko stroke dan serangan jantung. Teh dapat membantu mencegah pembentukan penggumpalan darah yang berbahaya yang sering menjadi penyebab stroke dan serangan jantung. 
  6. Teh dapat membantu menurunkan tekanan darah. Minum teh hijau setiap hari dapat mengurangi risiko hipertensi hingga 50% .
  7. Teh membantu tubuh kita dalam memperlancar pencernaan. Teh telah digunakan selama ribuan tahun sebagai obat perlancar pencernaan setelah makan. Hal ini juga dapat membantu meringankan kram perut. 
  8. Teh dapat membantu mencegah diabetes. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. 
  9. Teh dapat membantu mengalahkan bakteri. Sebuah studi di Mesir melakukan pengujian efek dari teh hijau terhadap antibiotik dan menemukan bahwa teh membantu meningkatkan pembunuhan bakteri akibat efek obat. 
  10. Teh membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Sebuah penelitian membandingkan tingkat aktivitas kekebalan peminum kopi vs peminum teh dan menemukan bahwa peminum teh memiliki tingkat kekebalan tubuh lebih tinggi lima kali dibandingkan dengan kekebalan tubuh peminum kopi.
 Soo...
Setelah kita baca artikel di atas langsung deh masak air buat bikin teh :D, tapi ingat ya suhu airnya harus 80 derajat untuk teh hijau, 90 derajat untuk teh Oolong, 95 derajat untuk teh hitam.

Post a Comment